Level - Level Produk
Level 1 Benefit inti ( core benefit )
layanan atau manfaat yang sesungguhnya dibeli oleh pelanggan . contoh : tamu hotel membeli " istirahat dan tidur " para pemasar harus memandang dirinya sendiri sebagai penyedia benefit/manfaat.
Level 2 Produk dasar ( basic product )
pemasar harus menterjemahkan benefit inti ke dalam suatu " produk dasar " oleh karena itu sebuah kamar hotel meliputi ranjang, kamar mandi, handuk, meja rias ,dll.
Level 3 Produk yang diharapkan ( expected product )
pemasar menyediakan produk yang diharapkan yaitu serangkaian atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan pembeli ketika mereka membeli produk tersebut. Tamu hotel mengharapkan sebuah ranjang bersih, handuk segar, air hangat, lampu menyala dan suatu tingkat ketenangan relatif kerena kebanyakan hotel dapat memenuhi harapan minimum.
Level 4 Produk yang di tingkatkan ( Augmented product )
pemasar menyediakan suatu produk yang ditingkatkan yang melampaui harapan pelanggan.Hasil observasi Levit bahwa persaingan baru bukan antara apa yang dihasilkan perusahaan di pabrik mereka, melainkan antara apa yang mereka tambahkan kepada output pabrik mereka dalam bentuk kemasan, layanan iklan , nasehat untuk pelanggan, pendanaan , rancangan pengiriman, pergudangan dan lain lain yang dianggap orang bernilai.
Level 5 Produk potensial ( potencial product )
mencakup segala kemungkinan, peningkatan dan transpormasi produk atau tawaran yang mungkin dialami di masa mendatang. Disini perusahaan mencari cara baru untuk memuaskan pelanggan dan menawarkan layanan yang berbeda. Perusahaan memambahkan tawaran untuk memuaskan pelanggan tapi memberi kejutan dan membahagiakan pelanggan ( memberi sesuatu yang melampaui harapan pelanggan ).
5. Produk potensial (potential product) Merupakan tingkatan
terakhir yang mencakup semua kemungkinan tambahan dan tranformasi yang mungkin
dialami sebuah produk atau penawaran di masa depan. Pada Samsung peningkatan
kualitas procecor semakin tinggi, yang terakhir memiliki os Android OS, v4.2.2
(Jelly Bean) yang makin canggih, dengan tambahan fitur fitur lain yang menarik seperti
GPS, document viewer, dan memiliki batrai yang semakin bagus. Juga adanya
dukungan dari social media lain yang membuat handphone ini menjadi sesuatu yang
dibutuhkan dalam kehidupan social. Hal-hal seperti ini yang menjadi pembeda
antara handphone Samsung dan yang lainnya.
1. Manfaat inti (core benefit) Merupakan tingkat dasar yang
manfaatnya benar benar diperlukan dan dibeli pelanggan. Pembeli membeli
handphone sebagai fungsi utamanya untuk alat berkomunikasi.
2. Produk dasar (basic product) Merupakan tingkat kedua dimana pemasar
harus merubah manfaat inti menjadi produk dasar seperti pada handphone Samsung
terdapat fitur untuk telepon dan sms (short
message)
message)
3. Produk yang diharapkan (expected product) Merupakan kondisi
yang biasanya diharapkan pembeli ketika mereka membeli produk ini. Pembeli
menginginkan produk HP yang tidak gampang rusak dan dilengkapi dengan fitur –
fitur games animasi ataupun music media player sebagai penghilang kepenatan,
atau bahkan kamera sebagai pengambil momen momen terpenting.
4. Produk Tambahan (augmented product) Merupakan tingkatan dimana
produk diharapkan dapat melebihi harapan pembeli. Pada Handphone Samsung
semakin lama pemasar membenahi kualitas dari handphoe tersebut, semakin lama
diluncurkanlah handphone dengan kualitas kamera yang semakin meningkat,
kualitas music yang semakin bagus atau lain lainnya.
Sumber : PPT Sartono
http://blog.ub.ac.id/ernita/files/2013/05/MP-5-level-produk-pdf.pdf
http://blog.ub.ac.id/ernita/files/2013/05/MP-5-level-produk-pdf.pdf
Hard Rock Hotel and Casino Pittsburgh - Mapyro
ReplyDeleteFind 문경 출장마사지 hotels and motels near Hard Rock 아산 출장마사지 Hotel and Casino Pittsburgh in Find Harrah's 안동 출장샵 Hotel and Casino, 군포 출장샵 1280 Pennsylvania Street, 전주 출장마사지 Pittsburgh, PA,